All

Toyota Starlet Bakal Bangkit Lagi, Begini Tampilannya

09 Januari, 2020

Foto: Andrew Guerrero - TopGear

Uzone.id - Nostalgia di industri otomotif selalu menarik. Salah satunya membangkitkan kembali produk ikonik yang pernah berjaya di masa lampau. Dan Toyota punya Starlet.

Ini adalah hacthback ikonik di era akhir 80an sampai 90an. Popular gak hanya di dunia, tapi juga Indonesia dengan ciri khasnya yang selalu jadi incaran anak-anak muda lawas.

Dan gimana sosok Toyota Starlet kalau dibangkitkan kembali? TopGear Filipina merilis hasil ilustrator Andrew Guerrero saat memvisualkan tampilan Starlet modern.

Tonton VIDEO Test Drive Kia Rio:

Jujur itu keliatan keren banget. Desainnya mengotak, punya nuansa retro yang kental meskipun unsur futuristis tetep gak bisa dihilangkan.

Starlet modern ini punya dimensi panjang 4.015mm, lebar 1.730mm, dan 1.398mm, dan wheelbase 2.527mm. Bobotnya 1.150 kg. Asiknya, bakal pakai platform TNGA berpenggerak belakang.

Berkonfigutasi dua pintu, dan padanan desain lampu utama kotak dan grillnya bikin keren banget. Sepasang lampu utama tersebut dinekali tiga projector LED dan dilingkari DRL yang juga LED.

Sementara grill dan bumper membertahankan kesan retro, bagian bumper terlihat lebih agresif dengan aliran udara raksasa, juga aksen wide body dengan over fender pada semua rodanya.

Dibelakang pun, jendela landai yang flat, membuat aura magis retro terasa banget. Sementara lampu kombinasinya juga kotak dan uniknya lampu sein diselipkan di bagian samping bokong, serta bumper agresif plus diffuser.

Semua tampilan keren Starlet ini dibayangkan Andrew bakal digarap Gazoo Racing, so bolehlah kita menyebutnya GR Starlet. Goks!

Agar performanya seagresif tampangnya, Gazoo Racing juga yang dipercaya menggarap sektor mesin. Ada dua pilihan, mesin standar 1ZR-FAE berkapasitas 1.600cc bertenaga 145 Hp dan torsinya 159 Nm. Versi standarnya ini aja, udah jauh lebih bertenaga dari Toyota Yaris.

Satu lagi mesin yang lebih bisa diajak pecicilan di jalanan. Berkapasitas 2.000cc berkode M20A-FKS, yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 187 Hp dan torsinya 205 Nm. Kedua mesin ini disanding dengan transmisi manual dan otomatis sama-sama 6 percepatan.

Gazoo Racing juga bakal menawarkan setingan suspensi sport yang agak ceper, ban lebih lebar, dan jok racing. Bahkan, ada opsi untuk menghilangkan sepasang jok belakang, agar bobotnya bisa lebih ringan 17 kg.

Kalau benar sosok ini bakal dibangkitkan, hmm, dunia bakal lebih seru. Ayo dong Toyota!