All

Permainkan Harga Kripto, Elon Musk Diancam Hacker Anonymous

08 Juni, 2021

Elon Musk (Foto: Instagram @elonmusk)

Uzone.id - Sebuah postingan di Twitter dari pihak yang tidak bertanggung jawab mengatakan bahwa Elon Musk telah "menghancurkan kehidupan".

Twit itu pun mengguncang pasar mata uang kripto. Kelompok itu mengklaim sebagai pihak yang mewakili hacker (peretas) Anonymous, lewat sebuah video yang diposting Sabtu (5/6/2021).

Video berdurasi hampir empat menit itu telah menyerang CEO Tesla itu dengan menyebut "orang kaya narsistik lainnya yang sangat membutuhkan perhatian" dan untuk "terus-menerus mengendalikan" pasar kripto.

"Jutaan investor ritel benar-benar mengandalkan keuntungan kripto mereka untuk meningkatkan kehidupan mereka," kata sosok yang mengenakan topeng Guy Fawkeys.

BACA JUGA: 8 Juni, Driver Gosend Akan Gelar Aksi Mogok

"Tentu saja, mereka mengambil risiko pada diri mereka sendiri ketika mereka berinvestasi, dan semua orang tahu untuk bersiap menghadapi volatilitas dalam kripto, tetapi twit Anda minggu ini menunjukkan pengabaian yang jelas terhadap rata-rata pekerja."

Pada Kamis (3/6), Musk nge-twit secara samar yang menunjukkan dia telah putus dengan bitcoin hingga menyebabkan nilai bitcoin turun sekitar 5 persen sejak saat itu.

Pada bulan lalu, Musk juga bikin nilai bitcoin jatuh setelah mengumumkan Tesla tidak lagi menerima bitcoin sebagai pembayaran kendaraannya, dengan alasan tingginya tingkat emisi karbon yang dihasilkan penambangan bitcoin.

Musk mengatakan sedang mencari kripto lain, seperti dogecoin karena ramah lingkungan.

Dalam video juga mengatakan,"permainan yang Anda mainkan dengan pasar kripto telah menghancurkan kehidupan."

Kemudian, mengatakan "jutaan investor ritel benar-benar mengandalkan keuntungan kripto untuk meningkatkan kehidupan mereka."

"Anda mungkin berpikir bahwa Anda adalah orang terpintar di ruangan itu, namun sekaragn Anda telah menemukan pasangan Anda," tutup dia."Kami Anonymous! Kami adalah Legiun! Harapkan kita."

Video tersebut muncul di tengah konferensi bitcoin pada akhir pekan di Miami dengan dihadiri sekitar 12.000 penggemar kripto.

Tidak jelas siapa yang berada di balik video tersebut, terutama karena sifat Anonymous yang terdesentralisasi.

Meskipun pembuat video mengklaim bahwa mereka mewakili Anonymous, dua akun Twitter Anonymous paling populer, @YouAnonNews dan @BscAnon, membantah bertanggung jawab.

Namun, akun Twitter Anonymous lainnya, @YourAnonCentral, mengklaim itu dari Anonymous.

Kanal YouTube "Anonymous" yang diposting hanya memiliki dua video sebelumnya, keduanya diposting enam bulan lalu, dan 164.000 pelanggan, dibandingkan dengan akun YouTube "Anonymous Official", yang memiliki ratusan video sejak 9 tahun lalu, dan punya 3,5 juta pelanggan.

Harga bitcoin masih naik 23 persen tahun ini, dan naik lebih dari 266 persen selama setahun terakhir. Sedangkan Dogecoin naik lebih dari 7.700 persen tahun ini, dan lebih dari 14.000 persen selama 12 bulan terakhir. (Market Watch)