All

Jalan Tol Cijago Seksi II Kembali Diujicobakan, Gratis

27 September, 2019

Jelang peresmian Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi II yang terbentang dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan akan dilakukan uji coba pengoperasian tanpa tarif yang di mulai pada Sabtu 28 september 2019, pukul 00.00 WIB. Uji coba gratis ini dilakukan hingga waktu peresmian yang masih menunggu kesiapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Uji coba ini berdasarkan surat dari PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) pasa 24 September 2019 serta memperhatikan surat Direktur Jenderal Bina Marga perihal Sertifikat Laik Operasi hingga keluarnya Surat Keputusan Menteri Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Cijago Seksi II (Jalan Raya Bogor-Kukusan).

"Kami sampaikan bahwa Jalan Tol Cijago Seksi II (Jalan Raya Bogor-Kukusan) bisa diujicobakan pengoperasian tanpa tarif yang di mulai pada Sabtu 28 september 2019, pukul 00.00 WIB," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit dalam surat yang disampaikan ke PT TLKJ selaku operator Tol Cijago di Kota Depok, Jumat (27/9).

Jalan Tol Cijago Seksi II yang menghubungkan Jalan Raya Bogor-Kukusan sepanjang 5,5 km sudah pernah diujicobakan secara fungsional selama sepekan saat Lebaran Idul Fitri pada Juni 2019 lalu. "Secara konstruksi sudah selesai 100 persen dan siap dipergunakan, tidak ada masalah dan juga sudah ada sertifikat laik operasi," ujar Direktur Utama PT TLKJ, Hilman Muksin.

Berdasarkan pantauan Republika, secara keseluruhan Jalan Tol Cijago Seksi II (Jalan Raya Bogor-Kukusan) sudah layak beroperasi. Gerbang tol tampak sudah bisa dipergunakan. "Kali ini dilakukan uji coba pengoperasian tanpa tarif yang di mulai pada Sabtu 28 september 2019, pukul 00.00 WIB. Uji coba gratis ini dilakukan hingga waktu peresmian yang masih menunggu kesiapan Presiden Jokowi. Mengenai penetapan tarif menunggu setelah peresmian," jelas Hilman.

Jalan Tol Cijago Seksi II merupakan bagian Tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) akan terhubung dengan ruas Tol Cijago Seksi I (Jagorawi-Raya Bogor) sepanjang 3,7 Km yang beroperasi dengan tarif Rp 4.500 (golongan I).

Pembangunan Tol Cijago sepanjang 14,64 Km oleh PT Translingkar Kita Jaya terbagi menjadi tiga seksi. Tol Cijago Seksi I dimulai dari interchange Jagorawi hingga ke Jalan Raya Bogor, Seksi II dimulai dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan, dan Seksi III Kukusan ke Cinere.

Untuk Jalan Tol Cijago Seksi II menuju Seksi III (Kukusan-Cinere) belum ada pekerjaan konstruksi. "Kami segera melanjutkan pembangunan Jalan Tol Cijago Seksi III (Kukusan-Cinere). Saat ini progres pembebasan lahannya sudah 90 persen," terang Hilman.

Bila Seksi I dan II sudah tersambung dan sudah operasional akan dapat mempersingkat jarak antarwilayah di Kota Depok. "Tentu diharapkan kehadiran Jalan Tol Cijago juga dapat mengurai kemacetan yang sering terjadi di Jalan Margonda, Jalan Juanda, kawasan Kukusan, dan Jalan Raya Bogor menuju ke Jagorawi," harap Hilman.