All

iPhone 11 Bisa Lacak Lokasi Pengguna, Apple Beri Penjelasan

08 Desember, 2019

Foto: Hani / Uzone.id

Uzone.id - Apple akhirnya memberikan klarifikas terkait masalah keamanan dalam iPhone 11 dan iPhone 11 Pro terkait pada Layanan Lokasi.

Pakar keamanan Brian Krebs sempat mengklaim pada pekan ini jika iPhone keluaran seri terbaru meminta data lokasi, bahkan ketika pengguna telah mengubah pengaturan privasi yang sesuai untuk menghinddari berbagi informasi.

Apple pun memberitahu jika itu disebabkan karena adanya teknologi Ultra Wideband terbaru.Perusahaan mengatakan, pihaknya akan menyediakan cara menonaktifkan itu dalam pembaruan di masa mendatang, seperti dilaporkan TechCrunch yang dilansir The Verge.

"Teknologi Ultra Wideband adalah teknologi standar industri dan tunduk pada persyaratan peraturan internasional yang mengharuskannya dimatikan di lokasi tertentu," kata juru bicara Apple dalam pernyataannya.

FOTO: Tampang Trio iPhone 11 dari Dekat, Naksir Warna yang Mana?

Apple mengungkapkan, "iOS menggunakan Layanan Lokasi untuk membantu menentukan iPhone berada di lokasi terlarang ini untuk menonaktifkan Ultra Wideband dan mematuhi peraturan...Manajemen kepatuhan Ultra Wideband dan penggunaan data lokasi dilakukan sepenuhnya pada perangkat dan Apple tidak mengumpulkan data lokasi pengguna."

Dengan diperkenalkannya iPhone 11 pada bulan September, Apple mengatakan telah memasukkan chip U1 keluaran terbaru di ponselnya dan juga dalam varian Pro.

Sehingga hal itu bisa melakukan komunikasi lokal dengan perangkat U1 lain tanpa perlu mengandalkan sinyal dari operator seluler atau satelit.

Jika ingin berbagi file dengan seseorang menggunakan AirDrop, arahkan saja iPhone kamu ke pengguna lain, dan pengguna lain itu akan menjadi yang pertama dalam daftar.

Baca juga:Fanboy Apple di Indonesia Mulai Kapok Beli iPhone BM?

Ini seperti Bluetooth dengan kinerja lebih baik dan merupakan dasar dari beberapa fitur baru iOS, seperti AirDrop yang lebih akurat dan tergantung lokasi.

Sangat mungkin chip U1 juga akan mengaktifkan Apple Tag, juga perangkat seperti Tile untuk menemukan objek yang hilang dikabarkan segera hadir.

Namun, hal itu menyebabkan iPhone terbaru meminta data lokasi, bahkan ketika pengguna tak ingin membagikannya, seperti yang ditemukan Krebs.

Salah satu cara untuk menonaktifkan bentuk permintaan lokasi khusus ini adalah mematikan semua layanan lokasi global dalam pengaturan perangkat. Itu akan menghentikan ponsel dari mengumpulkan data lokasi apa pun.

Namun, jika pengguna menonaktifkan Layanan Lokasi berdasarkan aplikasi individual, panah lokasi masih akan tetap muncul di sudut layar, yang mengindikasikan beberapa bentuk permintaan data sedang berlangsung.

VIDEO Giveaway - Unboxing imoo Z6