All

Honda Akhirnya Rilis Mesin Jazz Terbaru, 1.300cc dan 1.500cc Hybrid

14 Februari, 2020

Uzone.id - Sejak diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019 lalu, Honda belum mengumumkan secara resmi spesifikasi mesin dari Jazz terbaru. Nah, sekarang teka-teki tersebut terjawab..

Ada dua pilihan mesin yang akan ditawarkan Honda. Pertama mesin berkapasitas 1.500cc hybrid serta satu lagi mesin yang lebih kecil, berkapasitas 1.300cc non hybrid.

Untuk versi hybrid, meski kapasitas mesinnya sama-sama dengan model yang dijual di Indonesia, tapi tenaganya lebih kecil, yakni hanya 109 Hp, sementara versi 1.500cc Indonesia non hybrid, tenaganya 120 Hp.

Baca juga:Intip Fitur Canggih Honda Civic Hatchback RS, Harga Nyaris Setengah Miliar

Barangkali, karena ini khusus pasar Jepang, maka Honda lebih berfokus pada konsumsi bahan bakarya. Itu kenapa sokongan hybrid lebih kepada efisiensi bbm ketimbang performa mesin.

Tapi soal urusan torsi, seketika Honda Jazz terbaru yang versi hybrid nantinya bakal jadi monster jalanan perkotaan dengan dorongan torsi 253 Nm berkat teknologi e:HEV.

Tenaga dan torsi tersebut disalurkan langsung ke sepasang roda depan atau AWD menggunakan transmisi baru dengan gir tunggal dan lock-up clutch.

Akselarasi dari diam sampai 100 kpj butuh waktu 9,4 detik dan kecepatan maksimalnya bisa sampai 174 kpj. Selain itu, karena teknologi hybrid tadi, konsumsi bahan bakarnya bisa seirit 28,8 km perliter.

Ada 3 mode berkendara untuk Honda Jazz hybrid : EV drive, Hybrid drive dan Engine Drive.

Sedangkan untuk yang mesin 1.300cc, gak beda jauh dengan mesin Honda Brio Sport yang dulu sempat diimpor dari Thailand, bertenaga 98 Hp dan torsi 118 Nm, dikawinkan ke transmisi CVT.

Untuk mesin yang ini, konsumsi bahan bakarnya tembus 20,4 km perliter.

VIDEO Review Suzuki XL7, Ertiga Versi Crossover: