All

Dibalik Keputusan Microsoft Suntik Mati Windows 7

14 Januari, 2020

Uzone.id - Microsoft telah menyebar pengumuman akan menyuntik mati Windows 7 tepat hari ini, 14 Januari 2020. Pemilik PC berbasis Windows 7 bisa saja terus menggunakannya namun Microsoft tak akan bertanggung jawab lagi dari sisi keamanan.

Dari blog resmi Microsoft, pada kolom Support, Microsoft menyebutkan jika keputusan untuk menyuntik mati sistem operasi terpopular di PC dunia ini karena untuk membuktikan komitmen perusahaan tersebut.

“Kami membuat komitmen untuk menyediakan dukungan produk selama 10 tahun. Sama dengan Windows 7, kami juga berjanji akan memberikan support kepada OS tersebut selama 10 tahun. Sekarang 10 tahun itu telah berakhir dan kami akan mematikannya. Langkah ini sebagai upaya agar kami bisa lebih fokus untuk berinvestasi dan mendukung teknologi yang lebih kekinian, dan pengalaman yang lebih baik tentunya,” ujar pihak Microsoft.

Baca juga:Lenovo Bikin Laptop Layar Lipat

Oleh karena itu, tambah Microsoft, pihaknya menyarankan pengguna untuk beralih ke Windows 10. Langkah Microsoft ini disayangkan banyak pihak karena diketahui saat ini masih ada jutaan pengguna PC berbasis Windows 7.

Data sampai Desember 2019 menemukan jika masih ada sekitar 27 persen pengguna PC Windows 7. Angka ini setara dengan sekitar 7 juta PC di dunia.

Windows 7 memang dianggap sebagai sistem operasi PC paling popular sepanjang sejarah. Sejak dimunculkan pada 2009, popularitasnya langsung melejit. Hal ini dikarenakan OS sebelum dan sesudahnya dianggap tak mumpuni, tak seperti Windows 7.

Ya, Windows 7 muncul setelah Windows Vista tak berhasil menarik perhatian dan minat pengguna PC kala itu. Bahkan saat Microsoft meluncurkan Windows 8, banyak orang yang tidak menyukainya sehingga memilih untuk tetap menggunakan Windows 7.

Yang menarik, enam bulan sejak diluncurkan, software Windows 7 langsung terjual sebanyak 90 juta unit. Microsoft menyebutnya sebagai sistem operasi dengan penjualan terbanyak, paling laris, dan paling profit. Bahkan 10 bulan setelah meluncur, jumlah penjualannya melampaui Windows Vista.

Satu-satunya yang belum dikalahkan oleh Windows 7 kala itu adalah Windows XP. Namun pada Oktober 2011, Windows 7 akhirnya bisa juga mengalahkan penjualan Windows XP di dunia.