All

Adu Kuat Mobil Dinas Joe Biden vs Jokowi

23 Januari, 2021

Uzone.id - Setiap presiden pastinya dibekali moda transportasi khusus. Salah satunya mobil dinas. Pastinya bukan mobil sembarangan dan biasanya sangat sangat aman karena punya spesifikasi dan fitur khusus.

Kami coba membandingkan jenis, spesifikasi dan fitur-fitur khusus pada mobil dinas the Beast Presiden Amerika Joe Biden dan mobil dinas Presiden Jokowi yang belum ada julukannya ini--kita sebut saja, the Pakde.

Jenis dan tahun produksi

Joe Biden mengandalkan Cadillac One lansiran tahun 2018, sementara Jokowi mempercayakan Mercedes-Benz S 600 Guard lansiran tahun 2019. Keduanya sama-sama berjenis sedan limousin.

Mesin

Mobil dinas the Pakde dibekali mesin bensin berkonfigurasi V12, bertenaga hingga 530 Hp dan torsinya mencapai 830 Nm. Kecepatan tertingginya dibatasi secara elektronik hingga 210 km/jam.

Sedangkan the Beast mengandalkan mesin truk. Sebuah mesin diesel turbo Duramax berkapasitas 6.600cc dengan konfigurasi V8 bertenaga 550 hp dan torsinya mencapai 1.424 Nm. Karena bobot mobil, jadi cuma sanggup ngebut sampai sekitar 97 km perjam.

Fitur

Kedua mobil ini pastinya anti peluru. Senjata mesin M60 dan bahkan serangan udara ringan bisa ditahan kedua mobil.

Jangankan ketebalan bodi, kacanya saja jauh lebih tebal berkali-kali lipat dari kaca mobil-mobil standar. Power window aja gak kuat untuk buka tutup jendela, butuh piranti hydrolik khusus.

Mobil Jokowi memiliki sistem udara khusus yang bisa menyediakan oksigen sendiri saat di sekeliling mobil ada gas yang berbahaya.

Kemudian, bagian bawah mobil diberi tambahan pelat khusus yang membuat mobil tahan dari alat peledak yang ditempatkan di bawah mobil.

Bannya juga sudah menggunakan Run Flat Tyre dari Michelin, yang masih bisa melaju sejauh sekitar 30 km, meskipun dalam kondisi tanpa tekanan udara.

Mercedes-Benz S 600 Guard dilengkapi fitur bantuan pengemudi seperti DISTRONIC PLUS with Stop&Go Pilot, BAS PLUS Brake, Active Blind Spot Assist dan Active Lane Keeping Assist, PRE-SAFE Brake, juga Night View Assist Plus.

Selain bodi setebal 20 cm dan jendela 12 cm, the Beast-nya Biden mengandalkan ban truk berbahan Kevlar dan tahan tusukan dan pelek baja yang memungkinkan untuk melaju dengan kecepatan tinggi jika ban mengalami kerusakan dalam serangan apa pun.

Mobil dinas kepresidenan Joe Biden memiliki suplai oksigen sendiri di dalam kabin dan tersedia kantung darah untuk Presiden.

Di bagasi mobil terdapat pelindung asap, gas air mata, dan sistem pemadam kebakaran lengkap. The Beast juga dilengkapi dengan senapan dan meriam gas air mata.

Juga gak lupa ada telepon satelit yang bisa terhubung langsung dengan Wakil Presiden dan Pentagon, markas Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

VIDEO Test Drive Honda Civic HB RS: