All

4 Kemampuan Google Lens, Kenal 15 Miliar Objek sampai Belajar Fisika

23 Oktober, 2020

Uzone.id - Google diandalkan untuk menjawab berbagai pertanyaan, dari siswa yang sedang mempelajari fotosintesis hingga orang tua yang sedang mencari mobil baru untuk keluarga. Lebih dari itu, Google melalui Google Lens bisa melakukan banyak hal dari kamera smartphone kalian.

Berikut adalah beberapa hal menarik yang bisa dilakukan Google Lens.

Mengenali miliaran objek

Google Lens sekarang dapat mengenali 15 miliar objek—bertambah pesat dari 1 miliar dua tahun lalu—untuk membantu pengguna mengenali tanaman, binatang, tempat dan bangunan, dan lain-lain.

Jika pengguna sedang belajar bahasa baru, Google Lens juga bisa menerjemahkan lebih dari 100 bahasa, seperti Spanyol dan Arab, secara real-time maupun dari gambar atau screenshot yang anda unggah.

Pengguna juga bisa mengetuk tombol yang tersedia untuk mendengar pengucapan kata-kata atau kalimat yang Anda inginkan.

Berbelanja dengan Google Lens

Dengan menyentuh lama sebuah gambar pakaian di aplikasi Google atau Chrome di Android, Google Lens akan menampilkan pakaian yang sama persis atau mirip, dan menyarankan berbagai gaya untuk memakainya.

Google Lens menggunakan teknologi Style Engine yang memadukan database produk terbesar di dunia dengan jutaan gambar gaya pakaian.

Kemudian, pengenalan pola digunakan untuk memahami konsep-konsep seperti “lengan lonceng” atau “jins vintage” dan bagaimana jenis pakaian itu jika dipadukan dengan item lainnya.

Belajar fisika dan lainnya

Terkadang, kalian lebih bisa memahami sesuatu dengan melihat. Misalnya, visualisasi cara kerja sel tanaman atau elemen-elemen dalam tabel periodic dalam 3D akan lebih membantu daripada teks dalam buku.

Dengan AR pada Google Lens, kalian dapat belajar dengan “melihat langsung” dari rumah, memungkinkan kalian mengeksplorasi konsep dari jarak dekat di tengah keluarga.

Jika kalian seorang ayah atau ibu, anak kalian mungkin memiliki pertanyaan tentang hal-hal yang tidak lagi kalian ingat, misalnya persamaan kuadrat. Dari kotak penelusuran di aplikasi Google pada Android maupun iOS, kalian dapat menggunakan Google Lens untuk membantu mengerjakan tugas anak.

Dengan panduan dan video langkah demi langkah, kalian dapat belajar dan memahami berbagai konsep dasar untuk memecahkan soal matematika, kimia, biologi, dan fisika.

Menyalin tulisan tangan

Google telah menambahkan fitur baru yang sangat berguna ke Google Lens pada Mei 2020. Kini, kalian bisa menyalin dan menempelkan (copy and paste) tulisan tangan di atas kertas ke ponsel atau komputer dengan Google Lens. Fitur ini hanya akan berfungsi jika tulisan tangan kalian cukup rapi.